Kamis, 23 Maret 2017

Fenomena dibalik "Jendela Dunia"


           
            Ada yang tahu apa maksudnya? Yupz, Ini adalah tentang membaca. Lalu sudahkah kalian membaca hari ini ? Berapa halaman yang sudah kalian baca? apa yang dapat kalian fahami dari apa yang kalian baca?. Anak muda sekarang ini dalam menumbuhkan minat membaca sangatlah sulit sekali. “ah.. males bahasnya rumit”, “duhh.. banyak tulisan ga ada gambarnya bikin ngantuk”, “sibuk banget sampai lupa baca”. Kalau kita melakukan research pasti satu dari beberapa alasan diatas menjadi jawaban mereka. Tentunya, kita seorang pelajar sangat diwajibkan untuk selalu membaca. Apalagi mahasiswa, kalau tidak membaca pasti akan ketinggalan materi. Karena kita di tuntut untuk mencari buka menanti.
            So, the way what should we do it is so simple, just read ! Manusia pintar di dunia ini sangatlah banyak. Tapi manusia yang berusaha dengan sungguh-sungguh juga enggak kalah banyak. salah satunya yaitu dengan membaca. its right ! Banyak sekali fenomena yang kita dapati dalam hal ini, dosen memberikan tugas kepada mahasiswanya hanya untuk membaca. Miris bukan ? padahal kewajiban kita sebagai mahasiswa ialah membaca sebanyak mungkin.



            Dalam sebuah penelitian mengatakan, ada 2 orang kakek yang pada usia mudanya dulu sama-sama pintar, yang satu meskipun sudah semakin tua dia masih tetap rajin untuk membaca, walaupun hanya sekedar membaca koran. Kemudian kakek satunya, hanya menghabiskan waktu dengan menonton tv dan olahraga sore hari. Dapat di ketahui bahwa kakek yang tidak suka membaca tingkat intelektual dan ingatan akan semakin menurun atau dengan kata lain cepat pikun. Kemudian kakek yang masih tetap suka membaca memiliki ingatan yang bagus dan fikiran yang terus berkembang. Bahwa sepintar apapun sesorang jika tidak di asah terus menerus untuk belajar, memahami, dan tentunya membaca akan cepat kehilangan materi yang telah kita fahami sebelumnya. Pelajar yang selalu membaca akan memiliki kemudahan tersendiri dalam memahami materi. Tentuya dalam menulis, pelajar yang banyak baca maka dia akan mudah menemukan ide untuk menulis. Karena dia telah menemukan banyak refrensi dari bacaan yang telah dia baca. 

            So guys? Enggak usah takut buat jadi suka baca. Memang awalnya kita akan menemukan kesulitan. Nih, I will give you some tips untuk menjadi suka baca. Firstly, kalian harus menanamkan pada diri kalian, bahwa dengan kalian membaca kalian akan menemukan the new things to learn. Kemudian, buatlah jadwal baca, as like satu hari 1 chapter lalu berikan hukuman pada diri kalian sendiri jika terlewat satu hari tidak membaca. And than, make list to read. Mulai dari buku yang kalian sukai whatever you want to read entah itu novel, majalah, atau buku kuliah sampe apapun itu, saya fikir itu sudah merupakan sebagian usaha untuk menumbuhkan minta baca kita.
Jadi pintar itu mudah, jadi good readers juga mudah !.
Membaca? Siapa takut. (Cin) Red:Cindy

           

1 komentar: